Mahasiswa STAIMA Banjar ikut Rukyatul Hilal

Berita Banjar(harapanrakyat.com),- Badan Hisab dan Ru’yat Daerah atau BHRD Kota Banjar menggelar Ru’yatul Hilal (melihat bulan) dalam penentuan awal 1 Ramadhan 1440 H yang berlangsung di Markas Pusat Observasi Bulan (POB) Gunung Babakan, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Minggu (05/05/2019).

Pantauan HR Online di lapangan, sejumlah tim ahli dari BHRD sudah mempersiapkan teropong bintang sebagai alat untuk melihat bulan. Sementara itu, hadir juga dalam kesempatan itu Kemenag Kota Banjar, jajaran dari Pengadilan Agama Ciamis, Wakil Walikota Banjar, MUI, Sekda, sejumlah Kepala Dinas Kota Banjar, mahasiswa Jurusan Syariah STAIMA Kota Banjar, serta berbagai Ormas Islam yang ada di Banjar.

Berdasarkan informasi yang diterima HR Online, BHRD sudah melakukan perhitungan (hisab) untuk penentuan awal ramadhan. Meski begitu, metode melihat bulan (ru’yatul hilal) secara langsung tetap dilakukan.

“Kita setiap menentukan awal ramadhan serta penentuan hari raya melakukan pengamatan langsung di POB Gunung Babakan. Alhamdulillah tahun ini kita bisa menggelar lagi bersama jajaran Pemkot Banjar serta masyarakat,” jelas salah satu tim kepada HR Online di lokasi.

Sesuai data hisab yang diterima HR Online, pada Minggu (05/05/2019) matahari terbenam pukul 17.39.37 WIB dengan tinggi hilal pada Minggu malam Senin di posisi 5’ 52’ 15,9’ di atas ufuk mar’i. Sedangkan arah matahari berada di utara titik barat 16’ 11’ 40,2’. Adapun arah hilal berada di 14’ 42’44,04’ di utara titik barat. Sementara itu, posisi hilal berada di 1’ 28’ 55,78’ atau berada di selatan matahari terbenam dengan keadaan hilal miring ke selatan.

Adapun untuk lama hilal sendiri berlangsung selama 23 menit 40,76 detik dan hilal terbenam pada pukul 18.28 WIB. Berkaitan dengan keputusan awal ramadhan, masih menunggu keputusan setelah ru’yatul hilal dilaksanakan secara serentrak di seluruh POB yang ada di Indonesia. (Muhafid/R6/HR-Online)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *